Senin, 31 Desember 2012

Android Kini Kuasai 75 Persen Pasar Smartphone


Sistem operasi besutan Google, Android, makin merajai industri smartphone. Berdasarkan data lembaga riset IDC, Android kini tercatat menguasai 75 persen pasar smartphone di kuartal ketiga 2012.
Angka 75 persen ini setara dengan jumlah pengapalan di kuartal tiga tahun ini sebesar 181,1 juta unit smartphone. Angka ini naik 91,5 persen dari kuartal yang sama tahun lalu, yang hanya sebesar 71 juta unit atau 57,5 persen. Pangsa pasar Android juga naik dari kuartal dua yang hanya sebesar 68,1 persen.
"Kombinasi vendor smartphone, operator mobile, dan pengguna canggih meningkatkan pengapalan Android dalam volume yang lebih tinggi. Makin banyak vendor yang memperkenalkan smartphone berbasis Android mereka ke pasar," kata Ramon Llamas, manajer riset di IDC, dikutip dari situs IDC.
Sedangkan pesaing Android tetap sistem operasi iOS besutan Apple. iOS menduduki peringkat kedua dengan pangsa pasar sebesar 14,9 persen atau setara dengan pengapalan 26,9 juta unit smartphone.
Angka ini naik dari 13,8 persen atau pengapalan 17,1 juta unit di kuartal yang sama tahun lalu. Sedangkan dibanding kuartal sebelumnya, iOS malah mengalami penurunan. Kuartal dua kemarin iOS kuasai 16,9 persen pangsa pasar. 
"Peluncuran iPhone 5 di akhir kuartal dan harga model lama yang  turun menyelamatkan turunnya angka pengapalan dari kuartal tiga tahun lalu," tulis IDC.
Di peringkat ketiga terdapat sistem operasi BlackBerry yang terus mengalami penurunan. Di kuartal tiga tahun 2012, BlackBerry hanya menguasai 4,3 persen pangsa pasar atau setara 7,7 juta unit di pengapalan. Angka ini jatuh 34,7 persen dari kuartal sama tahun lalu yang sebesar 9,5 persen.
Berikutnya ada Symbian yang mencatat 2,3 persen pangsa pasar (4,1 juta unit pengapalan), Windows Mobile yang mencetak 2 persen (3,6 juta unit pengapalan), dan Linux yang mencatat 1,5 persen (2,8 juta unit pengapalan).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar