Selasa, 18 Desember 2012

Acer Salip Dell, Bayangi Posisi HP


Ambisi Acer untuk menyalip posisi Dell dalam hal penjualan komputer, terwujud sudah.
Laporan PC Tracker untuk kuartal ketiga 2009 yang dilansir oleh firma riset IDC, mengungkapkan bahwa untuk pertama kalinya Acer berhasil duduk di peringkat kedua sebagai vendor penjual komputer terbesar, setelah Hewlett-Packard (HP).

Dell yang sedianya berada di urutan kedua, kini melorot ke posisi ketiga, dengan angka penjualan 12,7 persen dari total penjualan komputer global di kuartal ketiga. Sementara Acer mampu mengantungi angka penjualan hingga 14 persen.

HP sendiri masih mendominasi dengan 20,2 persen dari total penjualan komputer global di kuartal ke-3. Sementara itu Lenovo berada di posisi ke-4 dengan angka penjualan sebesar 8,9 persen, diikuti oleh Toshiba (5,2 persen).
"Ini adalah transisi yang sangat mengagumkan yang dilakukan oleh Acer," ujar Loren Loverde, Program Director IDC PC Tracker, seperti dikutip dari situs CNet. Menurutnya transisi itu merefleksikan perubahan selera di segmen konsumen ritel menuju komputer yang lebih portabel dan berharga murah, di mana Dell tidak sekuat Acer.
Kuartal ini Dell juga mengalami penurunan penjualan di wilayah Amerika Serikat. Dell hanya menjual 25 persen komputer di Amerika Serikat, sementara HP mampu menjual 25,5 persen. Padahal, Dell sempat merajai penjualan komputer pada tahun 2006, sebelum akhirnya posisi itu direbut oleh HP, dan terahir disalip oleh Acer.

Acer sendiri merupakan vendor asal Taiwan yang kini sedang naik daun. Beberapa tahun lalu Acer belum banyak dikenal. Namun, namanya mulai dikenal saat Acer mengakuisisi perusahaan komputer Gateway dan menggencarkan pemasarannya di Eropa dan Amerika Serikat. 

"Kami tak hanya berharap untuk melampaui Dell, tapi juga mendekati posisi HP dalam penjualan notebook, netbook, dan smartphone," ujar Presiden Acer Gianfranco Lanci. 

Selama kuartal ketiga 2009 penjualan komputer PC memang mengalami pertumbuhan sebesar 2 persen dari penjualan kuartal sama tahun lalu. Penjualan komputer untuk konsumer menjadi salah satu pemicu utamanya, dengan penjualan notebook dan netbook terus meningkat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar