Minggu, 16 Desember 2012

1800MHz Frekuensi yang Siap untuk LTE


Dalam menghadapi persaingan bisnis di Industri telekomunikasi, khususnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atas layanan data yang semakin meningkat, Telkomsel menyatakan bahwa mereka sudah siap untuk itu. Termasuk melalui riset pengembangan frekuensi jaringan.

"Kita sudah menyiapkan roadmap riset untuk 3 tahun ke depan," kata Pratignyo Arif Budiman, General Manager Strategic Technology Planning Telkomsel dalam keterangannya pada media di Kantor Pusat Telkom.

Roadmap riset tersebut, kata Pratig, termasuk riset tentang LTE, Heterogen Network dan 3G. "Riset ini penting karena ke depan, frekuensi akan menjadi satu kesatuan," tambahnya.

Terkait dengan frekuensi untuk LTE, Pratig menyebutkan, Telkomsel akan menggunakan frekuensi 1800MHz dengan pertimbangan untuk lebih hemat karena ekosistemnya sudah terbentuk, tidak memerlukan investasi besar, dan bisa menggunakan antena yang sudah ada.

“Idealnya, frekuensi terbaik yang digunakan adalah di 700MHz, namun sampai saat ini frekeunsi tersebut masih dipakai oleh lembaga penyiaran televisi sampai beberapa tahun ke depan,” kata Pratignyo.
Untuk frekuensi 2100MHz dan 2600MHz sendiri saat ini masih dipakai. Untuk itu, frekuensi 1800MHz merupakan frekuensi yang ideal. Frekuensi ini sendiri mempunyai 22,5 mega yang terbagi dalam tiga bagian, yakni 3, 7.5, dan 10.5.

Saat ini, Pratig menegaskan, secara teknis, pihaknya sudah siap untuk mengaplikasikan frekuensi data untuk LTE. Kendalanya hanya tinggal persoalan regulasi. "Tinggal regulasinya saja. Itu urusan pemerintah, kita akan patuh,” ucapnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar