Selasa, 29 Januari 2013

Boris Chertok, Desainer Sputnik Wafat


Boris Chertok, desainer roket dan orang yang sangat penting di balik program ruang angkasa Uni Soviet yang membantu membuat Sputnik, satelit buatan manusia pertama yang berangkat ke luar angkasa, meninggal dunia akibat radang paru-paru. Ia wafat di usia 99 tahun.

Dikutip dari The Moscow Times, Chertok wafat hanya tiga bulan sebelum ulang tahunnya yang ke 100.
Ia merupakan salah satu anggota tim insinyur yang dipimpin oleh Sergei Korolyov, mantan narapidana yang kemudian menjadi bapak program ruang angkasa Soviet. Sputnik, satelit yang Chertok desain, berangkat ke orbit pada 4 Oktober 1957.

Padahal, Chertok pernah menyebutkan, capaian itu, yang mengejutkan Amerika Serikat dan sebagian besar negara-negara lain di dunia, awalnya dianggap remeh oleh bangsanya sendiri. “Tidak satupun dari kita atau media massa kita memahami signifikansi sejarah dari capaian kami ini,” sebut Chertok dalam sebuah wawancara di tahun 2007 lalu.

Tim Korolyov ini jugalah yang berjasa membuatkan roket yang berhasil menjadikan Yuri Gagarin sebagai manusia pertama yang tiba di ruang angkasa pada April tahun 1961. Namun sayangnya, identitas Korolyov, Chertok, dan insinyur lainnya dirahasiakan oleh Russia selama bertahun-tahun, tanpa diketahui sedikitpun oleh dunia barat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar