Sabtu, 09 Februari 2013

Ditemukan, Pendeteksi Tsunami untuk Indonesia


Peneliti gabungan dari Amerika Serikat dan Jepang mengembangkan metode baru dalam mendeteksi Tsunami. Mereka, untuk pertama kalinya, menemukan jika Tsunami bisa diamati dengan radar. Dengan demikian, penemuan ini menjadi pengembangan baru dalam sistem peringatan dini Tsunami.

Hasil penelitian ini akan sangat berguna untuk Indonesia mengingat metode ini bisa diterapkan di Asia Tenggara. "Di negara ini terdapat daerah landasan kontinen dangkal yang luas," kata Professor John Largier, seorang ahli kelautan di University of California, Davis, Bodega Marine Laboratory, Amerika Serikat.
Dilansir dari The Hindu, Largier dan beberapa koleganya menggunakan susunan radar berfrekuensi tinggi di Bodega Marine Lab untuk mempelajari arus laut selama 10 tahun terakhir.

Bersama dengan para ahli lainnya dari Universitas di Hokkaido dan Kyoto serta San Francisco State University, Largier menggunakan data dari Bodega dan dari dua lokasi berbeda di Hokkaido untuk mendeteksi Tsunami di lepas pantai.

Peneliti menemukan, mereka bisa melihat Tsunami saat memasuki perairan dangkal di atas landasan kontinen. Saat ombak masuk ke perairan yang lebih dangkal, Tsunami tersebut melambat, tingginya bertambah, dan berkurang dalam panjang gelombang, sebelum akhirnya menghantam bibir pantai.
Dalam laporannya yang dipublikasikan di jurnal Remote Sensing, Largier menambahkan, radar ini bisa digunakan di pesisir timur AS atau Asia Tenggara. Di mana hamparan luas laut dangkal berada.

1 komentar:

  1. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    BalasHapus