Rabu, 06 Februari 2013

Denmark Pilih Standar Dokumen Terbuka


Parlemen Denmark baru-baru ini membuat keputusan mengejutkan. Dalam rapat parleman, diputuskan bahwa mulai April 2011 dan selanjutnya, kantor-kantor pemerintahan di Denmark akan menyimpan dokumen mereka dalam format ODF (Open Document Format).

Ini berarti, format-format yang selama ini digunakan, XLS, DOC, PPT, dan sebagainya, tidak akan lagi dimanfaatkan.

Pemerintah akan mengggunakan ODF untuk semua komunikasi antar institusi pemerintah. Bila Microsoft ingin mempertahankan bisnisnya dengan pemerintah Denmark, Microsoft harus menyediakan ODF dengan fasilitas yang sama atau lebih baik dibanding Word Perfect Office milik Corel atau OpenOffice milik Sun.
Menteri Ilmu Pengetahuan Denmark, Helge Sander, menyatakan bahwa ambisinya untuk masa depan adalah untuk berkomunikasi menggunakan standar terbuka. Keputusan itu didukung partai Enhedslisten.

“Kami yakin open source adalah sebuah langkah maju dan sebaiknya menggantikan standar paten yang saat ini kita miliki,” kata  Per Clausen dari partai Enhedslisten, seperti VIVAnews kutip dari Brightsideofnews.
Meski pengalihan ke format ODF mulai April 2011 akan diterapkan di semua institusi nasional, diperkirakan seluruh wilayah dan distrik di Denmark akan mengikuti langkah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar